Thursday, February 14, 2013

Valentine's Day

kamis, 14 Febuari 2013 pasti diantara kita semua ada yang mengenal Valintine's day (Hari Kasih Sayang) lantas apakah kalian tau sejarahnya, atau hanya ikut-ikutan saja. Sunguh ironis dan menyedihkan anak muda sekarang ikut-ikutan melaksanakan sesuatu tapi tidak mengetahui arti dan tujuannya. sejarah Valentine's Day berawal dari dibunuhnya ST. Valentine pada tanggal 14 Febuari 270 M, Valentine dibunuh karena terjadi pertengtangan dengan Penguasa dari Romawi yang pada waktu itu dipimpin oleh Raja Clauditus II yang berkuasa dari tahun 268-170 M. karena itu para pengikutnya memperingati hari kematiannya sebagai acara keagamaan, dikarenakan ketabahan, keberanian,dan kepasrahan yang dilakukan oleh ST. Valentine. Tetapi pada abad 16 perayaan itu mulai pudar dan tidak dijalankan, valntine di hubung-hubungkan dengan pesta kasih sayang yang dilakukan oleh bangsa Romawi yang disebut "supercalis" yang dirayakan pada tanggal 15 Febuari.

Setelah bangsa dari romawi memeluk agama nasrani mereka mengkait-kaitkan kematian ST. Valentine dengan acara supercalis . kepercayaan itu juga diperkuat dengan bangsa Eropa yang berpendapat Hari kasih sayang itu mulai bersemi bagai burung jantan dan betina pada tanggal 14 febuari, dalam bahasa perancis Normandia pada abad pertengahan kata "Galentine" yang berarti "galant atau Cinta" persamaan bunyi Galantine dan valentine menyebabkan orang berfikir sebaiknya mencari pasangan pada tanggal 14 Febuari, sesuai perkembangan zaman untuk menyambutnya banyak cara yang dilakukan, seperti bertukar kado, cincin, coklat dan sebagainya.

Lantas bagimana pandangan islam terhadap valentine

Islam melarang melaksanakan valentine karena jelas bukan bersumber dari islam

mari kita telaah Firman Allah SWT

"Dan janganlah Kamu mengikuti apa yang tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. sesunguhnya pendengaran, pengelihatan, dan hati, semuanya akan dimintta pertangung jawabannya". (Q.S Al-isra :36)

sekarang kembali kepada diri kalian apa mau melaksanakan atau ikut-ikutan saja atau tidak melaksanakannya sama sekali

Bagikan Artikel Ini :

0 comments:

Post a Comment